Rabu, 12 Desember 2018

Review Muslim Demokrat karya Saiful Mujani


Assalamualaikum, bro and sist yang tidak bosan-bosannya buka blog saya. Semoga review dibawah ini bisa menambah ilmu pengetahuan kalian.
Saat ini banyak sekali buku-buku bagus milik orang-orang hebat yang pastinya sudah tidak diragukan lagi isinya.
Seperti halnya buku milik Saiful Mujani yang berjudul Muslim Demokrat. Sedikit kita bahas tentang biografi beliau, beliau lahir di Serang, Banten 1962. Pada tahun 1996-1998 bapak Saiful Mujani mendapatkan beasiswa S2 Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Politik setelah itu melanjutkan studinya lagi dijurusan yang sama dan tempat yang sama, hebat sekali bukan? Wajar saja karya-karya beliau rata-rata tentang Politik karena memang bakat dan minatnya dibidang politik.
Yuk lanjut ke karya beliau, buku yang berjudul Muslim Demokrat ini membahas tentang para sarjana barat seperti Samuel Huntington, Bernard Lewis, dan Ellie Kedourie memandang islam dan demokrasi sebagai dua makhluk yang berbeda dan keduannya berjalan sendiri. Bahkan mereka mengklaim bahwa Islam bertanggung jawab atas kegagalan konsolidasi demokrasi di Negara-negara yang penduduknya mayoritas Muslim. Semakin kuat Islam dalam suatu masyarakat, demokrasi semakin tidak mungkin tumbuh di lingkungan masyarakat. Pandangan mereka seakan-akan mengiyakan temuan Freedom House yang terangkum dalam Index of Political Right and Civil Liberty. Menurut temuan ini, dalam tiga decade terakhir, hanya ada satu Negara Muslim yang mampu membangun demokrasi penuh selam lebih dari lima tahun yaitu Mali di Afrika,. Dua belas Negara Muslim lainnya termasuk kedalam kelompok semi-demokratis. Sisanya yakni 35negara, bersifat otoritarian . Lebih dari itu delapan diantar 13 negara dengan pemerintahan paling represif di dunia pada decade yang lalu adalah Negara-negara Muslim. Bagimana sesungguhnya di Negara kita ? Buku ini menyuguhkan kajian sistematis dan empiris mengenai Muslim Demokrasi berdasarkan dua survey opini public berskala nasional.
                Menurut Maswadi Rauf salah satu Profesor Ilmu Politik dari Universitas Indonesia mengatakan bahawa buku Muslim Demokrat merupakan tantangan bagi para penulis yang menganggap Islam tidak sesuai dengan Demokrasi, tetapi juga bagi bangsa Indonesia sebagai Negara penduduk Islam terbesar di dunia. Buku ini memiliki 10 BAB dengan 357 halaman. Buat kalian yang memang menyukai politik cocok sekali untuk membaca buku ini agar pikiran kalian menjadi bertambah bukankah mahasiswa itu manusia yang haus akan ilmu? Maka dari itu yuk kita baca buku ini. Kunjungi juga dengan klik link ini http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/41206
Terima kasih buat temen-temen yang punya waktu luang buat baca blog saya, semoga bermanfaat. 

4 komentar:

Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan

Nama : Novie Nurhayati Jur/Nim : Ilmu Perpustakaan/11160251000017 Kelas : 5a Ilmu Perpustakaan Tugas Mata Kuliah Tata Ruang Perpus...