Jumat, 30 November 2018

Uniknya Perpustakaan Freedom


Perpustakaan freedom

Bosan banget ya kalau kita berkunjung ke Perpustakaan yang desain interior yang terlalu kaku, membosankan duhh bukan anak milenial banget kayanya
. Anak milenial jaman sekarang lebih suka Perpustakaan yang memanjakan mata, intinya cozy. Mungkin Perpustakaan Freedom jadi jawabannya, coba kalian berkunjung ke salah satu perpustakaan yang keren ini di Jakarta. Terletak di Wisma Bakrie 1, Jalan H.R. Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Tidak perlu khawatir Perpustakaan ini sangat terjangkau oleh kendaraan umum. Sedikit cerita tentang Perpustakaan Freedom, tempat ini awalnya merupakan Perpustakaan Pribadi namun karena koleksinya yang banyak dijadikan Perpustakaan Umum oleh pemilik perpustakaan tersebut.
Buat kalian nih yang ingin berkunjung kesana dari Ciputat bisa naik Transjakarta, tetapi harus transit terlebih dahulu di Pondok Pinang lalu lanjut dengan jurusan Lebak Bulus- Senen. Cukup membayar Rp. 3.500 kalian bisa sampai di Halte Busway Kuningan Madya, letak gedungnya juga dekat dengan halte jadi tidak terlalu membuang-buang waktu untuk kesana. Perpustakaan tersebut terletak di Lobby Wisma Bakrie sebelah kanan. Bagi pengunjung yang belum memiliki kartu anggota bisa langsung mengisi formulir yang disediakan diatas meja nanti staf ada yang mengarahkan untuk mengisi formulirnya. Untuk menjadi anggota Perpustakaan Freedom gratis tidak dipungut biaya apapun, seperti biasanya nanti kita akan diberikan kartu anggota.

Jam operasional perpustakaan ini buka setiap hari Senin-Jumat pukul 09.00-16.30 WIB sesuai dengan jam operasional perkantoran. Selanjutnya tentang desain interior Perpustakaan Freedom sangat mengesankan dan kena dihati para pemustaka, walaupun ruangan yang tidak cukup besar namun tata ruangan yang diterapkan cukup di acungkan jempol. Atap perpustakaan freedom memberikan kesan yang tidak seperti perpustakaan pada umumnya, memakai konsep pipa yang cukup besar. Tetapi pipa tersebut menjadikan ornament yang sangat menarik dan bagus untuk para Milenial yang hobi foto. Lantai nya juga tidak memakai keramik tetapi menggunakan semen yang halus. Rak-rak yang tersusun rapih, sofa yang nyaman cocok sekali dipadukan saat ingin membaca bahan pustaka. Ada keunikan tersendiri, untuk mengklasifikasikan buku, pustakawan disana membuat nomor panggil sendiri guna memudahkan pustakawan disana. Bahan koleksi juga cukup memenuhi pemustaka dalam mencari bahan pustaka. Sayangnya bahan koleksi tersebut tidak bisa dipinjam hanya dibaca ditempat saja, fasilitas wifi juga waktu saya berkunjung sedang tidak bisa digunakan. Tetapi Perpustakaan ini memang tidak kalah dengan perpustakaan di Jakarta lainnya yang mempunyai keunikan tersendiri.


Yuk berkunjung ke Perpustakaan Freedom cari informasi sebanyak-banyaknya agar ilmu yang kita dapat bertambah luas.


14 komentar:

Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan

Nama : Novie Nurhayati Jur/Nim : Ilmu Perpustakaan/11160251000017 Kelas : 5a Ilmu Perpustakaan Tugas Mata Kuliah Tata Ruang Perpus...