Minggu, 07 Oktober 2018

Perpustakaan Pribadi Saiful Mujani

Perpustakaan Saiful Mujani

Hai guys, kali ini tulisan saya mengenai pengelolaan perpustakaan pribadi milik Saiful Mujani.
Letak Perpustakaannya tidak jauh dari kampus 2 UIN Jakarta, dibelakang kedokteran ada komplek puri laras 2. Pertama kali mendapatkan kesempatan seperti itu senangnya luar biasa, karena saya dipercaya untuk mengelola perpustakaan dari nol hingga perpustakaan yang ada pada umumnya. Sedikit cerita bahwa Saiful Mujani merupakan dosen fisip UIN dan beliau bergabung dengan Lembaga Survei Indonesia, keren banget bukan? Oh ya beliau juga pada tahun 2011 mendirikan Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC). Kalau membicarakan beliau tidak ada habisnya, duh rasanya kagum terus guys.

Berhubung Saiful Mujani punya banyak karya, buku-buku beliau banyak banget apalagi koleksi buku nya bener-bener bagus banget. Saya mengerjakan Perpustkaan beliau tidak hanya sendiri tetapi dengan beberapa rekan saya. Untuk mengelola Perpustakaan yang bener-bener masin nol kita perlu banget nih memisahkan perkelas, karena buku beliau kebanyakan politik jadi lebih mudah membagi kelasnya. Selanjutnya mengklasifikasi, klasifikasi berjalan dengan lancar karena hanya patokan dikelas 300. Step berikutnya kita menginput data ke dalam SLIMS, system tersebut offline jadi hanya bisa diakses ditempat itu saja. Setelah menginput kita Scan barcode, Labelling dan Shelving. Jurnal jurnal yang beliau punya jumlahnya banyak.

Sebenarnya membangun Perpustakaan dari nol lebih mudah mengaturnya dibanding membenahi Perpustakaan yang sudah ada. Perpustakaan yang masih baru kita hanya tinggal mengikuti aturan-aturan yang ada, apalagi ditambah saya pernah mengelola Perpustakaan Pribadi milik Prof Oman. Pengalaman itu sangat penting guys, terutama buat kalian nih calon Pustakawan harus banget mempunyai keterampilan mengelola perpustakaan, percuma dong kuliah di Perpustakaan tapi gak pernah cobain pengalaman seperti itu. Semangat calon Pustakawan demi menumbuhkan minat baca para generasi muda.  



1 komentar:

Pedoman Tata Ruang dan Perabot Perpustakaan

Nama : Novie Nurhayati Jur/Nim : Ilmu Perpustakaan/11160251000017 Kelas : 5a Ilmu Perpustakaan Tugas Mata Kuliah Tata Ruang Perpus...